Rancang Aplikasi, MA NU MIFFA Laksanakan Pilkaos Online

{[["☆","★"]]}


MA NU Miftahul Falah menyelenggarakan pemilihan ketua Osis tahun periode 2020/2021 secara online pada Kamis, (01/10/2020). Pemungutan suara yang dilakukan secara online ini, menggunakan aplikasi yang dinamai e-pikaos. 

"Aplikasi e-pilkaos ini memang asli milik MA (Miffa/red), buatan kita sendiri, "ujar penyedia aplikasi e-pilkaos, Machsun Hadi. 

Terdapat banyak keuntungan dalam penggunaan e-pikaos ini. Selain lebih hemat karena tidak perlu mencetak surat suara, siswa-siswi juga tidak perlu datang ke madrasah untuk memilih. Sehingga tidak terjadi kerumunan masa yang dikhawatirkan pada masa pandemi ini. 

"Penggunaan kuota juga minim dan hasilnya insyaallah riil, tidak ada yang dimainkan, tidak ada yang direkayasa dan tidak ada yang dimanipulasi," tambah Pak Machsun, sapaan akrabnya. 

Melalui aplikasi e-pilkaos, lanjut Pak Machsun, cara pemungutan lebih mudah. Pemilih dapat mengklik link yang diberikan lewat WA kemudian login pakai username dan password yang diberikan panitia. Setelah itu, akan muncul foto dan nomor urut dari calon. Klik calon yang diinginkan lalu ok atau vote (berikan suara). Akan muncul pertanyaan yakin apa tidak, pemilih dapat menyatakan yakin kemudian log uot. 

Menanggapi soal golput (golongan putih), panitia menyiapkan berbagai door prize yang ditujukan pada siswa-siswi yang telah menggunakan hak suaranya. "Dengan itu nanti, semoga tingkat golput bisa dikurangi," kata Pak Machsun. (Min, Putri).

Posting Komentar

0 Komentar