Arti Falah dalam Nama Miftahul Falah

{[["☆","★"]]}

Jum'at, 07 Rajab 1445 H atau bertepatan dengan tanggal 19 Januari 2024 madrasah tercinta kita akan memperingati hari lahir yang ke 81 tahun. Usia yang begitu mapan bagi sebuah lembaga pendidikan atau madrasah.

Miftahul Falah, itulah nama Lembaga Pendidikan yang didirikan oleh Para Romo Kyai untuk Madrasah kita ini. Pernahkah kita mendalami apa sebenarnya arti kata الفلاح dalam kata مفتاح الفلاح?

Berikut kami kutipkan 3 kitab untuk makna الفلاح

1. Dari kitab Tafsir As Sai'diy (1376 H) ,dalam menafsirjan kata أفلح (masih serumpun dengan kata الفلاح) disurat Al Mu'minun ayat 1

﴿قَدۡ أَفۡلَحَ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ﴾ [المؤمنون ١]

فقوله ﴿قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ﴾ أي: قد فازوا وسعدوا ونجحوا، وأدركوا كل ما يرام المؤمنون الذين آمنوا بالله وصدقوا المرسلين

dalam kitab tafsir tersebut beliau mengartikan kata أفلح dengan 4 arti, yakni فاز (beruntung) ,سعد (bahagia), نجح (Sukses) dan أدرك (memperoleh).

2. Dari kitab Tafsir  Asyyaikh Assamarqondi disebutkan;

 وقوله: قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ أي سعد وفاز ونجا المصدقون بإيمانهم

Beliau Syeikh Assamarqondi menafsirkan kata أفلح dengan 3 kalimat yakni سعد (bahagia) فاز (beruntung) dan نجا (mendapatkan keselamatan).

3. Dari kitab Tafsir Abis Sa'ud disebutkan

 ﴿قَدْ أفْلَحَ المُؤْمِنُونَ﴾ الفَلاحُ: الفَوْزُ بِالمَرامِ والنَّجاةُ مِنَ المَكْرُوهِ، وقِيلَ: البَقاءُ في الخَيْرِ،

(تفسير أبي السعود — أبو السعود (٩٨٢ هـ))

kata الفلاح di kitab tersebut diartikan memperoleh sesuatu yang diharapkan dan selamat dari sesuatu yang dibenci, serta berarti tetap dalam kebaikan.

Dari beberapa referensi di atas ,kita mungkin bisa menarik satu kesimpulan bahwa makna dari kata الفلاح adalah keberuntungan, kebahagiaan, kesuksesan, keselamatan serta selalu dalam kebaikan. Jadi, kata مفتاح الفلاح  bisa diartikan kunci untuk meraih itu semua (lihat arti الفلاح).

Begitu dalamnya ilmu para pendiri Madrasah tercinta kita ini. Bahkan untuk nama madrasah, para Masyayikh kita memilih satu diksi yang begitu luas maknanya. Tentu dengan harapan serta doa dari para Masyayikh bahwa siapa saja yang masuk di مفتاح الفلاح akan mendapatkan arti dari kata الفلاح itu sendiri.

Selamat hari lahir madrasahku, teruslah berproses menjadi lembaga pendidikan yang selalu membawa الفلاح bagi semua. 



penulis

Abdullah Yusuf

Posting Komentar

0 Komentar