Pamerkan Produk Market Day di Festival Pelajar XII 2024 di MA NU Miftahul Falah

{[["☆","★"]]}


 

KUDUS, El miffa.com – Gelaran tahunan festival pelajar MA NUMiftahul Falah kembali dibuka. Tak hanya dimeriahkan dengan 8 even lomba, festival pelajar kali ini menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk berlatih wirausaha. Even bertema Pelajar Berkreasi dalam Harmoni Persatuan ini dikuti sebanyak 6 stan dari siswa dan siswi kelas 10 dijajakan selama Rabu-Kamis, (21-22/02/2024).

Kepala MA NU Miftahul Falah, Moh Ali Nuhin, mengatakan, festival pelajar kali ini diharapkan dapat membangun karakter kreativitas dan potensi pelajar pancasila. Hal ini, kata dia, diterapkan dalam program P5 dengan tema wirausaha.

“Istimewa sekali karena dalam festival pelajar kali ini terlihat peserta menikmati acara serta jajanan yang telah disediakan oleh siswa dan siswi kelas 10 MA NU Miffa. Mereka mempraktikan langsung program P5 dengan berlatih wirausaha,” katanya usai membuka Festival Pelajar Ke 13 dengan menabuh gong.

Ia berharap, even ini dapat menyambung tali silaturahim antar sekolah. Serta menggali potensi dan bakat siswa-siswi SMP/MTs sederajat.

“Ada 8 cabang lomba di Fespar kali ini. Yaitu LCC, PBB, kaligrafi, baca puisi, da'i muda, reportase, tenis meja dan rebana yang diikuti oleh 15 sekolah tingkat MTs/SMP sederajat,” sambungnya.

Waka Kurikulum, Ainna Khoiron Nawali, menerangkan, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)  merupakan program untuk membentuk pelajar Indonesia yang dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dari sekian tema salah satunya yaitu wirausaha.

“Melalui Fespar ini, pelajar Miffa bisa memanfaatkan momen untuk menjajakkan produk mereka. Apalagi even yang diikuti berbagai sekolah ini tidak terlepas dari antusias peserta yang tinggi,” terangnya.

Tentunya, lanjut Nawa, melalui P5 pelajar Miffa dapat mengaplikasikan mental dan marketing berwirausaha. Mereka juga bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang dijual.

“Kami lihat siswa bisa berkreatif dan mencetuskan ide-ide mereka. Selain itu untuk mensosialisasikan bahwa siswa madrasah bukan hanya cerdas di bidang akademik saja tapi juga bidang kewirausahaan dan bidang-bidang lainnya,” sambungnya.

Ia juga mengapresiasi antusias para peserta bazar. Menurutnya siswa-siswi nampak senang dan menikmati  sebab mereka bebas menentukan apa saja yang dijual dan tidak ada paksaan sama sekali.

“Dari adanya p5 ini semoga dapat memberikan pengalaman di bidang kewirausahaan. Siapa tau bisa diterapkan di kehidupan mereka kelak setelah mereka lulus dari MA NU Miftahul Falah,” pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar