Mengukir Prestasi Bersama Ekskul MA NU Miffa

{[["☆","★"]]}
1.    Rebana
Lantunan sholawat membuat hati menjadi tenang dan tentram dengan diiringi oleh terbang, jidur, tam, tifa, dan lain-lain. Ekstra rebana ini diampu oleh Bapak Abdul Halim dan Bapak Heri yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Kamis. Disini kita dapat memperoleh ilmu tentang bagaimana cara menabuh jidur yang baik dan sebagainya. Ekstra rebana bermanfaat untuk masyarakat luas sekaligus dapat digunakan pada event-event tertentu. Selain itu ekstra ini juga sering mengikuti lomba di berbagai ajang. Dan baru-baru ini berhasil meraih juara 1 pada ajang Festival Santri Nusantara.

Grup rebana El Miffa Putri sedang berlatih dalam persiapan lomba “Festifal Santri Nusantara”.


2.    Qiro'ah
Lantunan ayat suci Al-Qur’an dengan suara indah nan merdu bergema di MA NU Miffa setiap hari Sabtu. Ekstra qiro'ah ini dibina oleh ustadz Ahmad Fathoni dan sudah melahirkan banyak qori'-qori' yang handal. Ekstra ini merupakan salah satu ikon ekstra yang berbau religi. Disini kalian akan dikenalkan berbagai rumus lagu tilawatil Qur’an. Ada bayati, hijaz, shoba, ras, sika, nahawan dan lainnya. Metode yang diajarkan sangat menarik dan mudah diikuti, sehingga banyak murid yang tertarik dengan ekstra ini. Beliau mencontohkan nada yang diajarkannya, kemudian ditirukan para murid. Melalui ekstra ini diharapkan dapat memotivasi para murid dalam belajar membaca Al-Qur’an menggunakan seni lagu tilawatil Qur’an.

Ustadz Ahmad Fatoni mengajarkan rumus lagu shoba kepada santri MA NU Miffa.
 3.    Bahtsul Kutub
Teman-teman ingin mahir membaca kitab kuning? Di MA NU Miffa terdapat ekskul yang cocok untuk kalian yang ingin bisa membaca kitab kuning dan memahaminya dengan baik. Yeah, ekstra Bahtsul Kutub. Ekstra ini diampu oleh Bapak Abdullah Yusuf setiap hari Selasa sore dengan pembelajaran yang santai dan menyenangkan. Melalui ekstra ini diharapkan siswa-siswi MA NU Miffa dapat membaca kitab kuning dengan lancar dan bisa mengamalkan apa yang dipelajari dari kitab tersebut. Materi yang diajarkan dalam ekstra ini adalah pendalaman ilmu nahwu dan shorof dengan metode musyawarah ala pondok pesantren.

Peserta ekstra kajian kitab sangat antusias mendengarkan penjelasan Ustadz  Abdullah Yusuf.

 4.     Pramuka
Disiplin, tegas, dan pemberani. Itulah karakter dari anak-anak Pramuka. Di Madrasah kita ekstra Pramuka adalah ekstra yang diwajibkan bagi seluruh siswa dan siswi kelas sepuluh. Ekstra ini dilaksanakan setiap hari Rabu pada pukul 14.15 yang dibina oleh kak Catur Indrayanto dan Kak Dian Wardatul Hanna. Dari ekstra ini diharapkan para peserta dapat mandiri, aktif, dan kreatif. Selain itu banyak kegiatan yang dilaksanakan dari ekstra pramuka ini, diantaranya adalah harlah ambalan yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Muharram, penerimaan tamu ambalan dan lain sebagainya.
 
Anggota ambalan Hasan al Basri dan Robia’h al Adawiyah MA NU Miftahul Falah melakukan gladi bersih untuk pelaksanaan Harlah Ambalan.


5.    Kaligrafi
Salah satu seni yang khas dalam peradaban Islam adalah kaligrafi. Disini kalian dapat mengembangkan bakat dalam memainkan banyak warna dan berbagai kreasi dalam berkaligrafi. Dengan bimbingan Ustadz Musyafa’ kalian akan diajarkan bagaimana menulis khat dengan baik dan benar. Metode yang digunakan Ustadz Musyafa’ adalah praktek bertahap, huruf demi huruf, gandengan per gandengan, kaidah per kaidah dan saling bersambung dari jenis kaidah khat ke kaidah khat yang lain. Melalui ekstra ini diharapkan para siswa  mampu meniru dan mempraktekkan apa yang sudah diajarkan secara pelan, sabar, dan teliti. Soal prestasi jangan diragukan lagi, ekstra kaligrafi ini sudah banyak menyumbangkan piala, mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Nasional.

Santri-santri MA NU Miffa yang memperoleh juara kaligrafi menunjukkan hasil karyanya di IAIN Kudus. 


6.    Muhadatsah
Kalian ingin bisa berpidato bahasa arab? Di MA NU Miffa terdapat ekskul yang cocok untuk kalian yang ingin mengetahui cara berpidato dengan bahasa arab yang baik dan benar. Yaitu ekstra bahasa arab. Ekstra ini dibimbing oleh Ustadzah Eli Khumaeroh yang dilaksanakan setiap hari Ahad sore dengan pembelajaran yang santai dan teliti, fokus pada penguasaan kosakata. Ekstra ini diharapkan mampu memotivasi siswa-siswi dalam belajar bahasa arab dan dapat mempersiapkan kader-kader peserta lomba bahasa arab. Materi yang diajarkan dalam ekstra ini biasanya berupa muhadatsah, ghina'ul arobiy, khitobah dan insya'.

Ekstra Muhadatsah di bawah bimbingan ustadz Eli Khumairoh.

7.    Jurnalistik
Ekstra yang satu ini dilaksanakan setiap hari Kamis dengan bimbingan dari kak Farid. Tujuan dari ekstra ini adalah agar para pelajar lebih akrab dengan dunia literasi. Selain itu ekstra ini juga bertujuan untuk membiasakan para pelajar dengan dunia baca tulis dan bisa menulis dengan baik. Agar bisa seperti mbak Tsania Laila Maghfiroh yang pernah meraih juara tiga tingkat nasional di lomba penulisan essay. Dan kini mbak Tsania juga telah membuat buku lho!
Keren kan...
Kita do'akan bersama supaya kedepannya lebih banyak lagi yang meraih juara dan berprestasi.  Amiinn...
Para santri MA  NU Miffa calon penulis dan jurnalis mulai mengembangkan budaya literasi di lingkungan MA NU Miftahul Falah.
8. Sepak Bola
Gooolll... gooolll... gool..  teriakan yang biasanya terdengar saat kegiatan ekstra sepak bola terkhusus saat ada suatu pertandingan. Siapa yang tidak suka sepakbola ? sepak bola adalah olahraga yang sangat  disukai oleh semua orang khususnya kaum laki- laki. Mereka sangat menyukai olahraga tersebut.
Sepakbola  merupakan  olahraga yang terkenal di seluruh dunia . Di MA NU MIFFA terdapat ekstra sepak bola yang biasa dilaksananakan pada hari senin dan kamis di lapangan Randu Kandangmas pada jam 15:30 yang di ampu oleh coach Sularno. Ada banyak manfaat dari ikut ekstra sepak bola. “Bermanfaat untuk menyalurkan bakat mereka dan mencegah pergaulan yang bersifat negatif, karena banyak aktif dalam ekstra terutama sepak bola dan akan meminimalkan kesempatan dalam melakukan hal- hal yang negatif ,” ujar Sularno.
Ayo jangan lupa pada ikut ya, kalau kamu bener-bener laki- laki ikut ekstra sepak bola, Hhee....  di jamin hobimu akan tersalurkan. “ Mari tingkatkan prestasi sepak bola di  MA NU MIFFA, “ pesan dari coch Sularno.  Ayo kawan- kawan terus semangat untuk mengikuti ekstra sepak bola di MA NU MIFFA dan bisa membawa nama baik Madrasah. Aamiin Ya Robbai’alamin.
Tim Sepak Bola MA NU Miffa menjelang laga melawan SMK Nusantara dalam ajang POPDA Kabupaten Kudus 2018.

  Ali Machmudi_XI D IPA 3

Posting Komentar

0 Komentar