Opini

{[["☆","★"]]}
Tahun depan tepatnya pada tanggal 17 April 2019 Bangsa Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin (presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD I, dan DPRD II). Sebagai santri, pemimpin yang bagaimanakah yang kalian harapkan?


Pemimpin adalah individu yang melakukan proses mempengaruhi suatu kelompok atau masyarakat untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Seorang pemimpin harus bisa memimpin bukan dipimpin. Seorang pemimpin harus bisa mempengaruhi bukan dipengaruhi. Pemimpin yang baik adalah yang mempunyai sifat:
1. Shidiq (jujur)
2. Amanah (dapat di percaya)
3. Tabligh (menyampaikan)
4. Fathonah (cerdas dan bijaksana)
Seorang pemimpin harus bisa menerima masukan dari orang lain. Tidak mementingkan egonya sendiri.
Khamidum Majid_XII C IPA 2

Ada beberapa sudut pandang. Pertama, tidak melakukan diskrimisasi terhadap rakyat.
Kedua, tidak otoriter dalam bertindak. Ketiga, mengedepankan sikap tabayyun dalam menyikapi problem yang terjadi dalam masyarakat yang multikultural ini. Keempat, mengimplementasikan apa yang telah disepakati dalam UUD 45. Kelima, menepati janji yang telah dikampayekan. Keenam, bersedia kooperatif dengan masyarat. Ketujuh, mau melebur dengan masyarakat yang berbhineka ini. Kedelapan, mengaplikasikan lima dasar negara(Pancasila).
Hilmy Zainul Mala_XII D IPS 2

Seorang pemimpin harus memiliki sifat yang adil. Kita bisa mencari pemimpin yang menghabiskan masa mudanya dengan beribadah kepada Allah SWT. Juga seorang pemimpin yang tidak memandang sebelah mata masyarakatnya. Pemimpin yang baik adalah yang tidak memandang mana pejabat dan masyarakat.
Ahmad Baedlowi _XII E IPA 3

Sebagai santri, pelajar,dan juga generasi milenial, tentu mengharapkan pemimpin yang baik. Sebagai seorang santri, saya berharap memiliki pemimpin yang dekat dengan kiai dan santri, dan punya komitmen untuk mengembangkan pendidikan di madrasah dan pesantren. Ia juga harus mencontoh kepemimpinan Rasulullah dengan empat gaya kepemimpinan beliau yakni Shidiq, Amanah,Tablig, dan Fathonah. Dan sebagai generasi milenial, saya juga mengharapkan pemimpin yang bisa membangkitkan rasa optimisme untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang.
Zakiyah Rosidah_XII A IPA 1

Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi. Sebentar lagi Indonesia akan melaksakan pesta demokrasi untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD I, dan DPRD II. Sebagai pelajar tentu kita memiliki pendapat yang berbeda tentang bagaimana seorang pemimpin yang layak untuk memimpin Bangsa Indonesia.
Seorang pemimpin tidak hanya membutuhkan kebijaksanaan dan wawasan yang luas dalam memimpin tetapi harus berbekal iman yang kuat. Tidak hanya itu pemimpin juga harus bersifat adil dalam arti luas yaitu mampu melaksakan seluruh kewajiban dan menjahui larangan serta dapat menjaga kehormatan diri dan paling utama harus mampu melakukan pengawasan terhadap apatur pemerintahan. Jadi pilihlah pemimpin yang terbaik dari yang baik.
Meliana Febrianti_XII B IPS 1

Posting Komentar

0 Komentar