KERUKUNAN DALAM KONSEP ISLAM

{[["☆","★"]]}
Oleh. Saefudin, M.Pd.I*




Rukun artinya baik atau damai, yang dalam bahasa arab disebut ulfah (harmonis). Sedangkan kerukunan adalah perihal rukun. Artinya kerukunan adalah hal-hal yang berkaitan kebaikan, kedamaian dan keharmonisan.
Kerukunan merupakan unsur penting dalam Islam, karena Islam dibangun atas dasar untuk mendamaikan dan menghilangkan perselisihan, sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imron ayat 103 :
وَاذْكُرُوأ نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ إذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَنًا.
Artinya : “Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadikanlah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara. ( QS. Ali Imron 103).

Pada ayat tersebut mengisahkan tentang perang saudara yang terjadi sebelum Rosulullah datang membawa islam. Dulu diantara orang yahudi terjadi perang saudara yang berkepanjangan, yakni antara kabilah Aus dan Khozroj. Mereka saling bermusuhan padahal masih saudara seayah dan seibu. Perang saudara tersebut terjadi selama 120 tahun. Kemudian datanglah Islam yang meredam semua permusuhan tersebut. Islam datang membawa kemulyaan bagi mereka, sehingga mereka yang awalnya bermusuhan akhirnya menjadi saudara yang saling mengasihi. Menurut Imam Ar Rozi Setiap orang yang orientasi hidupnya tentang hal-hal keduniaan maka dia akan memusuhi sesamanya. Sementara orang yang orientasinya untuk melayani Allah maka dia tidak akan memusuhi siapapun.
Dari penjelasan tersebut bisa kita pahami bahwa Islam adalah agama yang ramah serta membawa kedamaian dan kerukunan. Islam tidak mengajarkan kemarahan dan keserakahan. Oleh karena itu Nabi di utus dalam rangka sebagai Rahmatal Lil Alamin atau rahmat bagi seluruh alam. Menurut Ibnu Abbas Rahmatal Lil Alamin artinya membawa rahmat baik kepada orang yang beriman maupun tidak beriman, sehingga apa yang beliau ajarkan selalu tentang kebaikan, kedamaian, kerukunan dan keselarasan pada semua orang tanpa memadang suku, agama, ras, maupun antar golongan.
Islam tidak hanya mengajarkan kerukunan atau keharmonisan sesama muslim saja tapi Islam mengajarkan kerukunan dan keharmonisan pada semua manusia. Salah satu konsep kerukunan dalam Islam dibangun atas dasar Ukhuwah atau persaudaraan. Konsep Ukhuwah menurut  KH. Ahmad Shidiq ada tiga macam yakni Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Basyariyah atau juga disebut Ukhuwah Insaniyah.
Ukhuwah Islamiyah, artinya semua umat Islam adalah bersaudara karena sama-sama memeluk agama Islam. Ukhuwah Wathaniyah, artinya seluruh warga Negara atau komponen bangsa adalah bersaudara karena berasal dari satu bangsa dan negara yang sama. Ukhuwah Basyariyah atau Insaniyyah, artinya seluruh umat manusia adalah bersaudara karena berasal dari seorang ayah dan ibu yang sama, yakni nabi Adam dan ibu Hawa sebagaimana dalam surat al Hujurat ayat 13: “Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan”.
Konsep ukhuwah inilah yang akan menciptakan kerukunan umat manusia, sebagaimana sabda Nabi :
كُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إِخْوَانًا لاَ تَعَادَوْا وَلاَ تَبَاغَضُوا سَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا
Artinya : Jadilah kalian semua hamba-hamba Allah yang bersaudara (satu sama lain), jangan saling bermusuhan, Jangan saling membenci, hendaklah kamu memperbaiki amal, meningkatkan muqarabah (pendekatan diri kepadaNya) dan berbahagialah(HR. Ahmad )

Imam An Nawawi dalam Syarah Muslim, menjelaskan tentang maksud hadits “Jadilah kalian semua hamba-hamba Allah yang bersaudara (satu sama lain) (HR. Muslim)”, yaitu interaksi yang harus dibangun sebagai sesama manusia adalah interaksi persaudaraan yang terbingkai dalam kasih sayang, keramahan, kemurahan hati, keakraban, kerja sama yang baik dan menasehati dalam hal apapun.
Dalam ajaran Islam, aqidah dan ibadah merupakan hal yang esensial, namun sebenarnya ajaran islam memiliki nilai-nilai ajaran yang mencakup berbagai aspek kehidupan. Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam, karena di dalamnya mengajarkan untuk menghormati seluruh makhluk ciptaan Allah. Islam mengajarkan keharmonisan antar manusia, yang salah satunya adalah dengan konsep ukhuwah.
Ukhuwah adalah sebuah media untuk menemukan titik kesamaan dan kelarasan antar umat manusia. Dari ukhuwah inilah akan menumbuhkan kerukunan baik sebagai umat islam, sebagai warga negara, maupun sebagai sesama manusia. Ukhuwah merupakan hal yang urgen dalam upaya untuk menguatkan persatuan dan kesatuan umat Islam, bangsa dan umat manusia sekaligus untuk menghindari timbulnya perpecahan atau disintegrasi.

*Penulis adalah Guru MA NU Miffa, alumni ponpes Lerboyo, Ketua PAC Ansor Dawe.

Posting Komentar

0 Komentar