TAWADLU' TERHADAP GURU MENJADI KUNCI KESUKSESAN

{[["☆","★"]]}


Dr. Fihris Sa’adah, M. Ag. adalah salah satu di antara sekian banyak alumni MA NU Miftahul Falah yang sukses dan boleh dikatakan menjadi “orang besar”. Dr. Fihris Sa’adah, M. Ag. lahir di Dukuh Piji Wetan, Desa Lau, Dawe, Kudus pada 30 November 1977. Beliau merupakan putri sulung dari KH. Muhdi Ahmad dan Hj. Mas’udah yang berani dan memiliki takad yang kuat untuk menempuh pendidikan tinggi serta sukses berkarier di dunia pendidikan. Dr. Fihris lahir dan tumbuh di tengah-tengah keluarga yang cukup religius, sehingga karier pendidikannya pun lekat dengan pendidikan agama.
Kecerdasan Fihris Sa’adah sudah tampak dari kecil saat ia duduk di bangku MI. Saat menempuh pendidikan di MA Miftahul Falah, kesehariannya tidak jauh beda dengan siswa lainnya. Akan tetapi, semangat dan tekadnya tampak sangat kuat. Setelah menyelesaikan studinya di MAK NU Miftahul Falah, beliau melanjutkan S1 di IAIN Walisongo Semarang, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).  Pada kuliah S1 nya ia membuat skripsi yang berjudul “Equality Pria dan wanita dalam Pendidikan Islam (Telaah Qs. An-Nisa ayat 1)” dengan predikat terbaik IPK 3,75. Studi S2 ditempuh  di kampus yang sama, dan masih mengangkat tema perempuan dalam tesisnya yang berjudul “Reformasi Pendidikan Wanita pada Masa Rasulullah.”
Tekad dan semangat belajar yang kuat menjadikan putri KH. Muhdi Ahmad ini terpaksa berpisah dengan keluarga di kampung halamannya. Di UIN Walisongo juga ia menemukan jodoh. Dr. Safrodin Halimi M. Ag. salah satu Dosen Fakultas Dakwah UIN Walisongo Semarang  kini telah menjadi pendamping hidupnya. Dari pernikahannya tersebut,  ia telah dikaruniai dua  putri dan dua putra, yakni Miladina Faza Hilma, M.Fawwaz Qodri Mubarak, Ifaza Nahdliyah Haque dan M.Faiz Ghuzel Islam. Bersama suami dan keempat putrinya, ia menetap di Jalan Anyar 1/3 Wates Ngaliyan Semarang
Sebelum menjadi Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo tahun 2014-sekarang, berbagai profesi penting pernah diembannya. Antara lain Pengasuh Santri TPQ Al-Falah Perum BPI Semarang tahun 1998-2007, staf pengajar di MA NU Miftahul Falah pada tahun 2003-2005, Pengurus Yayasan Al-Firdaus, Wates, Ngaliyan, Semarang tahun 2012-2018, Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo tahun 2002-2014, Auditor Internal Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Walisongo Semarang tahun 2016-2017 dan pada tahun 2016-sekarang menjabat sebagai Tim Kendali Mutu Akademik Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.
Dr. Fihris Sa’adah, M. Ag juga produktif menghasilkan karya ilmiah. Beberapa karya beliau bertema perempuan, di antaranya  Feminisme antara Islam dan Barat, Jurnal Pendidikan Islami (2003);  Format Pendidikan Wanita pada Permulaan Islam: Jurnal Edukasi, (2005), Reformasi Pendidikan Wanita pada Masa Rasulullah: Walisongo Press, (2008), Pendidikan Karakter dalam Tradisi Sufi, Penelitian DIPA (2013), Pendidikan Alternatif bagi Masyarakat Nelayan: Jurnal Cendekia (2014), Model Pendidikan Enterpreneurship pada Sekolah Dasar (2015), Desain Pembelajaran SKI di MI: Walisongo Press (2014), Model Pendidikan Karakter melalui Homestay pada Anak Sekolah Dasar (2015), Model Pendidikan Antikekerasan pada Siswa Sekolah Dasar (2015), Toleransi Beragama ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan dan Jenis Kelamin pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang, (2016), dan Kesetaraan Gender ditinjau dari Latar Belakang dan Jenis Kelamin pada Mahasiswa PTKIN Jawa Tengah (2017).
Selain aktif sebagai dosen Fakultas Sains  dan Teknologi  UIN Walisongo Semarang hingga sekarang, ia juga pernah menjadi pembicara atau narasumber dalam berbagai kegiatan diskusi dan seminar. Kegiatan tersebut di antaranya Workshop Pengembangan Keterampilan Penyusunan Research Development (R&D) (2014), TOT USAID Prioritas Modul I dan II (2013&2014), Workshop Model Laboratotrium Manajemen Pendidikan Islam, 2014; Workshop Metodologi Penelitian bagi Calon Pembimbing Skripsi (2014), Workshop Penyusunan Buku Bimbingan Akademik FITK (2014) Lokakarya Pengelolaan Website Kampus (2014), Training Manajemen dan Pendidikan di Filipina bagi Dosen dan Pegawai (2014), Training Audit Mutu Internal Lembaga Penjamin Mutu UIN Walisongo Semarang (2016), dan Training Metodologi Penelitian Berbasis Gender LP2M UIN Walisongo Semarang (2017).
Kesuksesan Dr. Fihris Sa’adah, M. Ag. tentu saja tidak lepas dari dukungan keluarga, dan tekad serta semangat kuat beliau untuk menempuh pendidikan tinggi dan berkarier di dunia pendidikan. Sikap tawadhu’ kepada guru selama di sekolah juga mendukung kesuksesan beliau.
“Jangan lupakan madrasah dan guru-guru kita. Tawadhu’ pada guru adalah kunci kesuksesan,” pesannya.
Munawaroh Rahmawati (XI A) & Fina Dwi Febriliyanti (XI A)

Posting Komentar

0 Komentar