Belajar Berwirausaha Dari Industri Rumah Tangga

{[["☆","★"]]}
Santri MA NU Miftahul Falah Cendono melakukan kunjungan industri di Pabrik Roti Rizki.

Kudus, El-Miffa.com - Sebanyak 13 siswi MA NU Miftahul Falah didampingi 3 guru melakukan kunjungan industri di Pabrik Roti Rizky yang terletak di Desa Cendono, Dawe, Kudus pada Ahad, 19 Januari 2020. 

Di kediaman pemilik industri, Haryanto, yang lokasinya berdampingan dengan pabrik roti miliknya, berbagai pengalaman mengenai kewirausahaan ia ceritakan. "Namanya berwirausaha pasti ada susah senangnya, ada naik turunnya, tapi kita tidak boleh mudah menyerah, " katanya.

Dalam menggeluti bisnis roti yang dirintisnya sejak 2002 ini, lanjut Haryanto, beberapa masalah seperti naiknya harga bahan, permintaan pelanggan yang tak stabil, dan reture barang yang tinggi kerap kali menghampiri. "Ini lah usaha, mau tidak mau ya harus tahan," tuturnya. 

Saat ditanya mengenai pesaing, baginya itu bukan masalah. Karena rezeki sudah ada yang mengatur, tak perlu risau,  tidak akan tertukar. Justru ia bersama pengusaha roti lainnya membuat semacam komunitas kemudian mendirikan koperasi bersama. 
Haryanto (tengah) menceritakan bagaimana lika-liku berwirausaha produksi roti.

Terakhir, ia berpesan pada kami yang ingin berwirausaha untuk terus mencoba. "Berwirausaha itu yang penting tekun dan jangan menyerah, " katanya. 

Setelah itu kami pun berkeliling pabrik roti miliknya, melihat secara langsung proses pembuatan roti dan makanan ringan lain yang diproduksinya. (Nushrotin, Isma, Risma, Zulianti)

Posting Komentar

0 Komentar