Ajarkan Kesederhanaan, Kepungan Sewu Nampan Meriahkan Peringatan HSN 2022 Madrasah Miftahul Falah

{[["☆","★"]]}

Kudus, el-miffa.com - Madrasah NU Miftahul Falah laksanakan kepungan Sewu Nampan sebagai salah satu rangkaian tur peringatan Hari Santri Nasional pada Sabtu (22/10/22). Kegiatan yang diikuti seluruh santri mulai dari bagian RA, MI, MTs, MA dan SMK beserta pengurus, ustadz, ustadzah, serta seluruh karyawan Madrasah Miftahul Falah tersebut berlangsung cukup meriah.



Sebelum kegiatan kepungan, dilaksanakan apel peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat. RA dan MI melaksanakan kegiatan di halaman gedung barat, sementara itu,bagian MTs., MA, dan SMK melaksanakan kegiatan di halaman gedung timur. Setelah apel selesai, dilanjutkan kegiatan tahlil  lalu kepungan sewu nampan. Bidang Humas Madrasah Miftahul Falah, Ali Ahmadi menyampaikan kepada jurnalis El Miffa bahwa Kepungan Sewu Nampan dipilih sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari Santri dengan maksud mengajak santri Miftahul Falah untuk senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT serta meningkatkan kebersamaan, kekeluargaan, dan kesederhanaan kepada seluruh keluarga besar madrasah Miftahul Falah,khususnya para santri.  


Pada kesempatan itu, Pak Aldi  juga menyampaikan harapan pengurus terhadap para santri Miftahul Falah "Kami berharap santri Ya Miffa bisa terus dan selalu semangat belajar kapanpun dan di manapun, teguh dalam Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah, cinta NKRI, dan mampu meneruskan perjuangan para Ulama, Kyai, dan Para pejuang."  

Kepungan merupakan tradisi santri di pondok pesantren, yaitu kegiatan makan bersama dengan nasi dan lauk yang ditaruh di nampan. Tradisi semacam ini jelas mengajarkan kebersamaan,saling berbagi, dan toleransi. Selain itu, seluruh santri madrasah Miftahul Falah diminta membawa lauk seperti tahu tempe, sambel,dan kuluban. Hal ini mengandung maksud menanamkan nilai-nilai kesederhanaan di kalangan generasi muda, apalagi di zaman hedonis seperti saat ini, di mana banyak orang yang suka mengumbar kemewahan. (Bilfa, Celfa)

Posting Komentar

0 Komentar