Hari Santri, Jihad Bukan Sebatas Fisik

{[["☆","★"]]}


KUDUS, el-miffa.com - Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Madrasah NU Miftahul Falah berlangsung khidmat pada Ahad (22/10/23) pagi. Upacara besar ini diadakan di halaman barat Yayasan NU Miftahul Falah dengan penuh semangat dan kebanggaan.


Peserta Upacara tersebut diikuti oleh segenap jajaran guru, staf, serta seluruh santriwan santriwati Yayasan Miftahul Falah pada tingkat jenjang MTs, MA, dan SMK. Berbalut gaya santri, dengan mengenakan pakaian nuansa putih, serta memakai sarung yang merupakan bentuk simbolis dalam peringatan hari santri tersebut


Dalam upacara peringatan hari santri tersebut, Sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Ketua Yayasan Miftahul Falah, Ahmad Munif, mengatakan, tema yang diangkat pada peringatan HSN 2023 ialah “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Memiliki arti mendalam dalam penerapannya.


“Kata jihad dalam islam bukan hanya sebatas pertempuran fisik. Melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan menguatkan keimanan dan memperdalam ilmu memperbaiki diri,” paparnya.


Diakhir amanatnya, Ahmad Munif, berharap peringatan hari santri tahun ini menjadi titik awal bagi semua. Lebih bersemangat dan berkonstribusi positif bagi negara, agama, dan bangsa. Dengan berlangsungnya upacara ini dapat mencerminkan semangat juang para santri dalam memajukan bangsa. 


“Santri adalah pemimpin masa depan yang akan meneruskan warisan nilai-nilai Islam, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya. (Mentari)

Posting Komentar

0 Komentar