Beberapa Kemuliaan Bulan Rajab

{[["☆","★"]]}

 

Bulan Rajab adalah salah satu dari empat bulan mulia yang disebut dalam Al-Qur'an.

Rajab merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan, ibadah didalamnya berpahala agung.  Di bulan ini kita disunahkan untuk bertaubat, istighfar dan berpuasa.

Tanggal 1  Rajab insyaAllah akan jatuh hari Sabtu bertepatan dengan tanggal 13 Januari 2024. Menurut Imam Suyuthi dalam kitab Al Jami', malam satu Rajab adalah salah satu dari lima malam yang apabila digunakan untuk berdoa pasti akan diijabah oleh Allah SWT.

Selain malam satu Rajab, kelima malam tersebut adalah malam Nishfu Sya'ban, malam Jum'at, malam hari raya Idul Fitri dan malam hari raya Idul Adha.

Diriwayatkan bahwa Sayyidina Ali bin Abi Tholib selalu mengabdikan dirinya untuk hanya  beribadah (tidak diisi dengan kegiatan lain) di 4 malam mulia dalam satu tahun, yakni malam 1 Rajab, malam Nishfu Sya'ban, malam hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Menurut Imam Wahab bin Munabbih, semua sungai yang ada di dunia ini, setiap bulan Rajab berkumpul menjadi satu dan menziarohi air zam zam yang ada di Makkah,untuk memuliakan bulan rajab.

Dalam satu riwayat hadits, di surga ada sebuah sungai yang airnya sangat manis melebihi madu, lebih putih daripada susu dan barangsiapa meminumnya sekali saja dia tidak akan haus selamanya. Sungai itu bernama Rojab.

Dan sungai tersebut diperuntukkan bagi siapa saja yang melaksanakan puasa di bulan Rajab walaupun hanya satu hari. Ini berarti bahwa siapa saja yang perah berpuasa di bulan Rajab maka ia termasuk calon penghuni surga.

Menurut simbah KH. Maemun Zubair, Allahu Yarham, puasa Rajab yang baik itu tanggal 1-10. Namun, jika tidak kuat boleh mengambil dua hari saja, yakni tanggal 1 & 10 saja. Jika masih tidak kuat maka pilihlah tanggal 10 daripada tanggal 1.

Menurut keterangan beliau dari beberapa literatur kitab salaf, Nur Nabi Muhammad mulai dititipkan di rahim Ibu Siti Aminah itu ketika tanggal 10 Rajab.

Maka, kita sebagai umatnya patut bersyukur dengan melaksanakan puasa pada hari tersebut.

Sedemikian besar pahala orang berpuasa di bulan Rajab,sudah sepatutnya kita sebagai umat Islam untuk memuliakan bulan Rajab dengan melaksanakan amal-amal kebaikan,utamanya berpuasa. 
اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان






Abdullah Yusuf

Posting Komentar

2 Komentar