Enam Aggota Pramuka MA NU Miftahul Falah ikuti Latihan Rutin Saka Taruna Bumi Kwarcab Kudus

{[["☆","★"]]}

 


Kudus, el miffa.com. Sebanyak 6 siswa MA NU Miftahul Falah mengikuti latihan rutin Saka Tarunabumi atau yang kerap disebut Latrut Kamis (4/1/2024) di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Besito,Gebog. Latihan rutin kali ini merupakan Latrut yang pertama kali dilaksanakan setelah kemarin ada kegiatan penerimaan anggota baru Saka Tarunabumi Kwarcab Kudus.

Pada Latrut pertama ini, para anggota baru dibariskan di halaman kemudian bersama-sama menyanyikan yel-yel milik Saka Tarunabumi.

Setelah itu, para anggota baru dikumpulkan di aula dan mulai masuk ke materi, yakni materi kesakaan yang tentunya menjelaskan lebih mendalam tentang Saka Tarunabumi. Materi ini disampaikan oleh Kak Revi dan Kak Anggita. Keduanya merupakan anggota dewan yang berasal dari pangkalan yang sama, yaitu pangkalan SMKN 2 Kudus.

Sepanjang materi berjalan, kedua nya menjelaskan kepada para calon anggota dengan sangat baik. Sesekali kedua nya juga memberi ice breaking kepada calon-calon anggota supaya mereka tidak merasa jenuh karena terus-terusan menulis materi.

Materi kembali dilanjutkan hingga tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 16.45. Kak Revi dan Kak Anggita pun menutup materi, lalu diambil alih oleh Kak Arul selaku ketua dewan putra di Saka Tarunabumi.

Kak Arul mengintrusikan kepada anggota baru untuk segera kembali berbaris di halaman dan kembali menyanyikan yel-yel bersama sebelum pulang.

Anggota  Pramuka ambalan Hasan Al Bisri dan Rabiah Al Adawiyah pangkalan MA NU Miftahul Falah memang baru tahun ini mulai aktif kembali ikut di kegiatan Saka Tarunabumi setelah beberapa tahun vakum dari kegiatan.

Dianti, salah satu peserta saka Taruna Bumi merasa senang bisa mengikuti saka karena dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang bermanfaat.

"Bercocok tanam dan berkebun merupakan hal yang sangat saya sukai, jadi ketika mengikuti saka ini  saya merasa sangat cocok karena saka ini sesuai dengan kegemaran saya." Ungkapnya.

Dengan mengikuti saka Tarunabumi, Dianti mengaku bisa lebih dekat lagi dengan alam dan tumbuh-tumbuhan. Dia jadi tahu jenis-jenis benih yang baik serta cara bagaimana merawat tanaman dengan benar. Selain itu, dia juga menjadi memiliki impian untuk menciptakan sebuah kebun sendiri, yang nantinya akan dipenuhi berbagai macam tumbuhan yang ia rawat sendiri.

Selain Dianti, peserta lain adalah Zahra, siswi kelas XA MA NU Miftahul Falah itu mengaku senang mengikuti saka Tarunabumi.

Saya masih kelas X,jadi butuh pengalaman dan relasi yang banyak. Jadi, saya memutuskan memutuskan untuk ikut saka ini." Tuturnya.

Lebih lanjut,  Zahra menjelaskan bahwa dengan ikut saka ini nantinya dia akan bisa menambah kenalan baru serta wawasan baru tentang pertanian. Selain itu,dia juga akan menambah jaringan komunikasi dengan bergaul bersama teman-teman yang berasal dari luar lingkungan madrasahnya.

Satuan Karya atau Saka Tarunabumi merupakan wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang pertanian yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, dan lingkungan serta dapat dikembangkan menjadi lapangan pekerjaan.

Dengan keikutsertaan siswa dalam kegiatan saka tarunabumi ini diharapkan akan menambah pengalaman yang kelak bermanfaat dalam kehidupan mereka. (Melvi Eka Arfiani, XIB)

Posting Komentar

0 Komentar