Harlah Ke 81, Miftahul Falah Kudus Gelar Ziarah ke Pendahulu

{[["☆","★"]]}


Kudus, manu-miffa.sch.id - Dalam rangka memperingati Harlah yang ke 81, keluarga besar Yayasan Madrasah NU Miftahul Falah, menggelar ziarah pada, Sabtu (20/1/24). Kegiatan ziarah yang berlangsung khidmat tersebut berlokasi di makam Muslim Cendono, Dawe Kudus.

Ziarah kepada para pendahulu ini dipimpin KH Ahmad Arwan dan dihadiri para romo kyai dan guru Madrasah. Serta lebih dari 700 siswa dari MI, MTS, MA, dan SMK yayasan Miftahul Falah Cendono.

Waka Humas Miftahul Falah, Ali Ahmadi, mengungkapkan, ziarah bersama digelar setiap tahun khususnya memeringati Harlah ke 81 Miffa. Hal ini, kata dia, merupakan sebagai manisfestasi dan momen untuk mengenang kembali jasa para pendahulu.

"Tentu untuk mengingat jasa-jasa para pendiri, masyayikh dan siapapun yang memikirkan ikut serta dalam perkembangan Madrasah NU Miftahul Falah," ungkapnya.

Sementara, lanjut Ahmadi, banyak makam pendahulu madrasah yang diziarahi. Diantaranya KH Abdul Muhid, KH Abdul Ro'uf, KH Sholeh dan masih banyak lagi.

"Yang diziarahi yaitu para sesepuh yang mempunyai jasa besar bagi madrasah. Dan dapat menjadi teladan bagi siswa - siswi seperti akhlakul karimah mereka dengan niat ikhlas dalam membangun Madrasah," imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan mengenang jasa-jasa para pendiri, Madrasah NU Miftahul Falah Cendono bisa berkembang menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, melalui ziarah kubur ini bisa meneladani perjuangan para pendahulu.

"Kita sepatutnya bisa mencontoh bagaimana beliau semuanya itu dalam membangun Madrasah, mengembangkan agama Islam, meneladani ke NU-an dan segala kebaikan yang melekat pada beliau-beliau itu untuk menjadi manusia yang lebih baik. Melalui ziarah juga bisa mengingatkan kita masing - masing bahwa semuanya pasti akan kembali kepada Allah SWT," pungkasnya. 




ditulis oleh:
(Fahrul-Reza)
(Jurnalis MA NU miftahul Falah Kelas XC)

Posting Komentar

0 Komentar