Hukum Bersuci dengan Air Mineral, Bolehkah?

{[["☆","★"]]}

Hukum Bersuci dengan Air Mineral, Bolehkah? 


Bolehkah bersuci, seperti cebok dan berwudlu menggunakan air mineral?  (gambar diambil dari wardah.or.id). 


Saat ini banyak beredar air mineral dalam masyarakat. Air mineral yang dibuat oleh berbagai perusahaan tersebut dimaksudkan untuk dikonsumsi atau diminum. 

Air mineral diproses dengan sangat higienis dan dikemas sangat praktis serta mudah dibawa ke mana-mana. Mendapatkan kemasan air mineral pun mudah karena hampir semua toko dan warung menyediakan. 

Namun ada fenomena menarik tentang air mineral dan ini banyak terjadi di masyarakat. Air mineral kemasan yang mestinya untuk diminum sebagai pelepas dahaga, terkadang dialihfungsikan sebagai media bersuci. 

Menggunakan air mineral untuk bersuci biasanya dilakukan oleh masyarakat terutama ketika dalam kondisi susah menemukan kamar mandi dan air bersih. 

Bukan bermaksud mempersoalkan perubahan fungsi air mineral tersebut. Yang ingin kita sampaikan dalam tulisan ini adalah bagaimana hukumnya menggunakan air mineral untuk bersuci semisal membersihkan najis, cebok setelah kencing, atau bahkan digunakan untuk berwudlu. 

Lalu bagaimana hukumnya bersuci dan berwudlu dengan air mineral dalam pandangan fikih?

Dalam pandangan fikih, hukum bersuci dan berwudlu menggunakan air mineral adalah sah. 

Alasannya, karena air mineral sudah cukup dikatakan sebagai air mutlak. Air mineral juga bukanlah air yang mempunyai Qayyid Lazim (nama yang mengikat) seperti air kopi, air susu dan sebagainya. 

Kalau bersuci menggunakan air yang dalam kategori qayyid lazim seperti air kopi dan air susu maka tidak sah. 

Demikian penjelasan singkat tentang menggunakan air mineral untuk bersuci dan berwudlu. Dalam kondisi yang sulit apapun kita masih dapat melaksanakan bersuci. 


Penulis: 

Abdullah Yusuf (Alumni dan mengajar di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus). 


Sumber rujukan antara lain dari. 


١. حاشية اليجوري ج ١ ص ۴۰-۴١

(قوله الماء المطلق) هو ما يسمى ماء بلا قيد لازم عند العلم بحاله من اهل العرف واللسان ليخرج المستعمل والمتنجس بمجرد الملاقاة لان من علم بحاله فهو مطلق خلافا لمن جعله غير مستعمل وانما اعطى حكمه تسهيلا على العباد... الى ان قال....(قوله عن قيدلازم) بان لم يقيد اصلا بان تقول هذا ماء


٢. انوار البروق في انواع الفروق ج ٢ ص ١١۷

اعلم ان الماء المطلق هو الباقي على اصل خلقته اوتغير بما هو ضروري له كالجاري على الكبريت وغيره مما يلازم الماء في مقره..... الى ان قال.... فاما غيره فلا يفرد اللفظ فيه بل يقال ماء الورد ماء الرياحين ماء البطيخ  ونحو ذلك فلا يذكر اللفظ الا مقيدا باضافة او معنى اخرى واما في هذاالماء فيقتصر على لفظ مفرد مطلق غير مقيد وان وقعت الاضافة فيه فقولنا ماء البحر وماء البئر ونحوهما فهي غير محتاج اليها بخلاف ماء الورد ونحوه لا بد من ذلك القيد وتلك الاضافة فمن ههنا حصل الفرق بين جهة التعيين واللزوم وعدمه اما جواز الاطلاق من حيث الجملة فمشترك فيه بين البابين فهذا ضابط المطلق.

Posting Komentar

0 Komentar