Kerukunan dalam Konsep Islam

{[["☆","★"]]}

ilustrasi gambar dari indeks kerukunan umat beragama kemenag 2019


manu-miffa.sch.id-Kerukunan merupakan unsur penting dalam Islam karena Islam dibangun atas dasar untuk mendamaikan dan menghilangkan perselisihan, sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imron ayat 103

وَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ اِخْوَانًا

Ayat tersebut mengisahkan perang saudara yang terjadi sebelum Rosululloh datang membawa Islam. Dahulu di antara orang Yahudi yaitu Kabilah Aus dan Khozroj saling bermusuhan padahal masih saudara seayah dan seibu. Perang saudara ini berlangsung selama 120 tahun.

Kemudian Islam datang membawa kemuliaan bagi mereka sehingga mereka yang awalnya bermusuhan akhirnya menjadi saudara yang saling mengasihi.

Islam adalah agama yang ramah serta membawa kedamaian dan kerukunan. Kehadiran Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil Al-Amin atau rahmat bagi seluruh umat. Semua ajaran beliau selalu tentang kebaikan, kedamaian, kerukunan, dan keselarasan pada semua orang tanpa memandang suku, agama, ras, maupun antargolongan.

Salah satu konsep kerukunan dalam Islam dibangun atas  dasar Ukhuwah atau persaudaraan. Konsep ukhuwah menurut K.H. Ahmad Shidiq ada tiga macam yakni ukhuwah Islamiyyah, ukhuwah Wathaniyah, ukhuwah Basyariyah atau yang juga disebut  ukhuwah insaniyah.

Ukhuwah Islamiyah artinya semua umat Islam bersaudara. Ukhuwah Wathaniyah artinya seluruh warga negara atau komponen bangsa bersaudara. Ukhuwah basyaniyah atau insaniyah artinya seluruh umat manusia bersaudara karena berasal dari Nabi Adam dan Ibu Hawa sebagaimana dalam surat Al Hujarat ayat 13

اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى

"Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan."

Konsep ukhuwah inilah yang akan menciptakan kerukunan umat manusia, sebagaimana sabda Nabi

كُوْنُوْا عِبَادَ اللهِ إِخوَانًا لاَتَعَادَوا وَلاَتَبَاغَضُوا سَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا

Artinya: "Jadilah kalian semua hamba-hamba Allah yang bersaudara ( satu sama lain), jangan saling bermusuhan, jangan saling membenci, hendaklah kamu memperbaiki amal, meningkatkan muqarabah (pendekatan diri kepada-Nya) dan berbahagialah" (HR. Ahmad)

Dalam ajaran Islam, aqidah dan ibadah merupakan hal yang esensial, namun sebenarnya ajaran Islam memiliki nilai-nilai yang mencakup berbagai aspek kehidupan. Islam adalah agama yang membawa Rahmat bagi seluruh alam karena mengajarkan untuk menghormati seluruh makhluk ciptaan Allah.

Islam mengajarkan keharmonisan antarmanusia, yang salah satunya adalah dengan konsep ukhuwah. Ukhuwah merupakan hal yang urgen dalam upaya menguatkan persatuan dan kesatuan Umat Islam, bangsa dan umat manusia. Serta untuk menghindari timbulnya perpecahan dan disintegrasi.



oleh 

Saefudin, M.Pd

Penulis adalah Pengajar di MA NU Miftahul Falah 

Posting Komentar

0 Komentar