6 Wasiat Sayyiduna Umar bin Khattab, Salah Satunya: Musuh Paling Berbahaya Adalah Perutmu

{[["☆","★"]]}

6 Wasiat Sayyiduna Umar bin Khattab, Salah Satunya: Musuh Paling Berbahaya Adalah Perutmu


Ada 6 wasiat Sayyiduna Umar bin Khattab sebagaimana ditulis dalam kirab Almajalisus Saniyyah Syarah Al arba'in Nawawiyyah Hal. 28. 

Salah satu dari 6 wasiat Sayyiduna Umar bin Khattab itu, musuh paling berbahaya adalah perutmu. 

Secara lengkap inilah 6 wasiat Kholifah Kedua tersebut kepada kaum muslimin.

1. Jika Kamu ingin mencela seseorang, maka yang paling berhak dicela adalah dirimu sendiri. Karena kamu tidak tahu seseorang yang lebih banyak cela nya daripada dirimu sendiri. 

2. Jika kamu ingin memusuhi seseorang,maka musuhilah perutmu sendiri. Sungguh tiada musuh yang paling berbahaya melebihi perutmu. 

3. Jika kamu ingin memuji seseorang, maka pujilah Rabbmu (Allah Subhanahu Wa ta'ala), karena tiada seseorang yang memberikan sesuatu kepadamu melebihi pemberian Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

4. Jika kamu ingin meninggalkan sesuatu,maka tinggalkanlah harta dunia. Sungguh jika kamu mau meninggalkannya kamu akan menjadi orang yang terpuji. Sebaliknya jika terlalu sibuk dengannya kamu akan menjadi orang yang tercela. 

5. Jika kamu ingin mempersiapkan sesuatu, maka persiapkanlah kematianmu. Sungguh jika kamu mempersiapkan kematianmu kamu tidak akan pernah menyesal di akhirat kelak. 

6. Jika kamu ingin mencari sesuatu, maka carilah kehidupan yang mulia di akhirat. 


Refensi: Almajalisus Saniyyah Syarah Al arba'in Nawawiyyah Hal. 28


Penulis 

Abdullah Yusuf 

Alumni MA NU MIFFA 2007

Posting Komentar

0 Komentar