Allah Menciptakan Keajaiban Angka 7

{[["☆","★"]]}

Allah Menciptakan Keajaiban Angka 7 


Allah Subhanahu wa Ta'ala menjadikan angka 7 sebagai salah satu tanda-tanda kebesaranNya. Banyak sekali benda maupun kejadian yang ada di dunia ini yang terjadi dengan angka 7. Berikut kami sampaikan sedikit diantaranya. 

1. Allah subhanahu Wata'ala menghiasi Alhawa' (الهواء) dengan tujuh buah langit. Allah berfirman dalam QS Annaba' :12 (dan kami membangun diatas kamu sekalian tujuh langit yang kokoh). 

Serta Allah Subhanahu Wata'ala menghiasi 7 buah langit dengan 7 buah bintang. Allah berfirman dalam QS Alhijr :16 ("Dan kami jadikan indah langit tersebut bagi orang yang memandangnya). 

Dalam Tafsir Imam Al Qurthubi Allah menghiasi langit dengan 7 buah benda yakni bulan, merkurius, venus, matahari, mars, jupiter dan saturnus. 

2. Allah Subhanahu Wa Ta'ala menghiasi tanah yang luas dengan 7 buah lapisan bumi. Allah berfirman dalam QS. At Thalaq ayat 12 (... "Allah yang menciptakan 7 buah langit dan dari penciptaan bumi juga serupa /7 buah).

3. Allah menciptakan neraka yang berjumlah 7 tingkat yakni Jahannam, Sa'ir, Saqor, Jahim, Hutomah, Ladzo dan Hawiyah. Allah berfirman dalam QS. AlHijr : 44 (... "Neraka itu memiliki tujuh pintu. Setiap pintu telah ditetapkan tertentu bagi mereka). 

4. Allah Subhanahu wa Ta'ala menghiasi Alqur'an dengan surat Alfatihah yang berjumlah 7 ayat. Allah berfirman dalam QS AlHijr : 87 (Dan sungguh telah kami berikan kepadamu tujuh (ayat) yang dibaca berulang-ulang dan Alqur'an yang agung). Tujuh ayat yang dimaksud adalah surat Alfatihah. 

5. Allah Subhananu wa Ta'ala memberikan kepada seluruh manusia tujuh buah anggota badan untuk beribadah yakni dua tangan untuk berdoa, dua kaki untuk berkhidmah, dua betis untuk berzikir dan wajah untuk bersujud. 

Ketujuh anggota badan ini adalah anggota yang wajib diletakkan ketika bersujud dalam sholat. Allah berfirman dalam QS. Al'alaq : 19 (...."Dan bersujudlah serta mendekatlah kepada Allah)

6. Allah Subahanahu Wa Ta'ala menghiasi usia seseorang dengan tujuh tahapan. Yakni masa ketika bayi (masih) disusui oleh ibu, masa ketika lepas dari susuan ibu, masa kanak-kanak, masa remaja, masa menjadi pemuda/pemudi, masa setengah baya & masa tua. Masa dari seseorang sesuai dengan jumlah kata pada kalimat 

لا اله الا الله محمد رسول الله

yang mana kalimat tersebut dalam alqur'an disebut kalimatut taqwa. Allah berfirman dalam QS Alfath : 26 (.. "Allah mewajibkan kepada mereka untuk tetap menjalankan kalimatut taqwa dan mereka lebih berhak atas itu dan patut memilikinya). 

7. Allah Subhanahu wa ta'ala membagi jumlah hari menjadi 7. Tujuh hari tersebut menjadi hari yang istimewa bagi tujuh orang Nabi dan Rasul. 

Hari Sabtu dimuliakan untuk Nabi Musa, hari Ahad dimuliakan untuk Nabi Isa, hari Senin dimuliakan untuk Nabi Dawud, hari Selasa dimuliakan untuk Nabi Sulaiman, hari Rabu dimuliakan untuk Nabi Ya'qub, hari Kamis dimuliakan untuk Nabi Adam dan hari Jum'at dimuliakan untuk Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan semua umatnya. 


Penulis

Abdullah Yusuf

Alumni MA NU Miftahul Falah 2007



Referensi : 

Alqur'anul Karim

Tafsir Al Qurthubi

Tafsir Al Jalalain

Kitabus Sam'iyyat fi mawa'idzil Bariyyat.

Posting Komentar

0 Komentar