Ikhlas itu Penting, Tatanan Sosial juga Lebih Penting: Ngaji Gus Baha' di Menara Kudus

{[["☆","★"]]}

 

Kudus, manu-miffa.sch.id. K.H. Baha'udin Nursalim yang akrab disapa Gus Baha' menyampaikan pentingnya ikhlas dan tatanan sosial  dalam Pengajian rutin bersama Gus Baha' yang digelar di Masjid Al Aqsa Menara Kudus, Jumat (3/1).

Gus Baha hadir di depan jamaah pengajian hari Jumat pertama setiap bulan.

Pada tausiyahnya siang itu, Gus Baha' juga menegaskan bahwa Nabi tidak ingin menyolati jenazah orang yang masih punya utang. Jadi, penting bagi keluarga untuk segera memberesi tanggungannya.

Pesan lain yang juga disampaikan Gus Baha' ditujukan kepada orang miskin yang ingin menikah, tetapi tidak punya mahar,  cukup dengan hafalan Al Quran bisa jadi maharnya. Hapalan Al Quran adalah harta bagi orang tersebut.

Pengajian ini selalu dihadiri ribuan jamaah, baik warga Kudus maupun luar Kudus seperti Jepara, Demak, dan Pati. Bahkan, banyak pula peziarah yang menyempatkan mengikuti pengajian Gus Baha sebelum melanjutkan perjalanan ziarahnya.

Ngaji bareng Gus Baha kali ini didahului tahlil untuk almarhum ketua Yayasan Menara Kudus, K.H. Em Nadjib Hasan yang wafat pada tanggal 9 Februari 2024 lalu.

Turut hadir dalam pengajian tersebut adalah Habib Husein bin Ja'far, yang akrab dipanggil Habib Ja'far  dalam acara  podcastnya yang terkenal yaitu log In.

Habib Ja'far yang kebetulan sedang berada di Kudus untuk menghadiri acara di Pendopo Kabupaten, siang itu tampak turut menyimak tausiyah Gus Baha'.

Selepas mengisi pengajian di Menara, Gus Baha' menyempatkan mampir ke Masjid Kajeksan sebelum kembali ke Rembang.

Salah satu guru MA NU Miftahul Falah yang rutin mengikuti pengajian ini adalah Pak Bachtiar. "Saya senang dengan cara penyampaian Gus Baha' yang santai, sederhana, tapi mengena." Jelas pengampu mata pelajaran PJOK itu.

Pak Bachtiar juga mengaku sudah mengikuti pengajian Gus Baha' di Menara dari awal diselenggarakannya kegiatan tersebut.


 

Reporter

M. Khoiro Aqila Ahna

(Kelas XIID MA NU Miftahul Falah)

Posting Komentar

0 Komentar