Ujian Praktik Salafiyah, Hadirkan Orang Tua sebagai Pendamping

{[["☆","★"]]}

Kudus, manu-miffa.sch.id - Menjelang Ujian Madrasah, MA NU Miftahul Falah menggelar Ujian Praktek Salafiyah yang berlangsung selama dua hari pada Sabtu - Ahad (9-10/03/24). Materi yang diuji meliputi praktik sholat, mengurus jenazah, Ke NU An, dan membaca kitab kuning. Yang menarik adalah orang tua siswa diundang sebagai pendamping selama ujian berlangsung.

Kepala MA NU Miftahul Falah, Moh Ali Nuhin, menjelaskan, kehadiran orang tua dalam ujian praktik salafiyah bertujuan agar mereka mengetahui perkembangan putra-putrinya.

"Kita hadirkan sehingga orang tua tahu perkembangan putra putrinya. Khususnya perbedaan saat awal masuk tiga tahun lalu dan perkembangannya setelah ditempa di MA NU Miftahul Falah," jelasnya.

Sementara itu, Salah satu penguji, Ustadz Saefudin, mengapresiasi pelaksanaan ujian praktik ini yang telah berlangsung selama 10 tahun.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ujian praktik khususnya selama sekian tahun saya sebagai penguji dan ujian praktik ini alhamdulillah anak-anak bisa menyelesaikan dengan baik," ungkapnya.

Menurutnya, ujian praktik ini membekali anak-anak dengan keterampilan yang penting sebelum mereka terjun ke masyarakat.

"Hal ini tidak hanya berkaitan dengan ilmu-ilmu dalam mata pelajaran. Tetapi juga kemampuan anak-anak untuk beradaptasi dan bersosialisasi dalam masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Salah satu wali murid, Maryatun, mengaku bangga dan senang melihat perkembangan anaknya dan dapat menyelesaikan tahap - tahap ujian dengan baik.



Reporter 

Mentari Ramadhani Ashar

(Siswi Kelas XI B MA NU Miftahul Falah)

Posting Komentar

0 Komentar