Halal bi Halal FK2MA, Kepala Kantor Kemenag Kudus Pesan Pentingnya Madrasah yang Ramah Anak

{[["☆","★"]]}

Halal bi Halal FK2MA, Kepala Kantor Kemenag Kudus Pesan Pentingnya Madrasah yang Ramah Anak

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, H. Suhadi, S.Ag., M.Si. menyampaikan sambutan pada acara halal bi halal FK2MA, Selasa (30/4/2024).


Kudus, manu-miffa.sch.id - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus H. Suhadi, S Ag., M.Si. berpesan kepada para kepala madrasah untuk menciptakan madrasah yang ramah terhadap anak. 

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara halal bi halal Forum Komunikasi Kepala Madrasah Aliyah (FK2MA) Ma'arif NU Kabupaten Kudus, Selasa (30/4/2024) di Bale Raos Kudus.

"Ciptakan madrasah yang ramah anak. Madrasah yang aman dan sehat," pesannya. 

H. Suhadi menjelaskan betapa pentingnya menciptakan madrasah yang aman dan nyaman bagi seluruh warga madrasah terutama peserta didik. 

"Tidak boleh ada kekerasan di madrasah. Baik kekerasan fisik maupun non fisik. Dalam bentuk verbal maupun non verbal. Termasuk juga kekerasan seksual," jelasnya.

Menurutnya madrasah justru harus bisa memberikan rasa aman kepada semua warga madrasah. 

Terhadap tamu yang datang ke madrasah juga harus dilayani dengan sopan dan ramah. Menurut Kakankemenag Kudus ini, karakter inilah yang harus ditanamkan di madrasah. 


Selain itu H. Suhadi juga berharap madrasah menjadi ikon sehat dan ramah lingkungan.

"Wujudkan madrasah yang sehat. Jadikan Madrasah sebagai ikon sehat. Hilangkan kesan madrasah yang kumuh. Jangan buang sampah sembarangan," lanjut Suhadi.

Ia berharap madrasah di Kabupaten Kudus  menjadi madrasah yang ramah terhadap lingkungan dan membawa berkah bagi masyarakat sekitarnya. 

Dalam kesempatan halal bi halal para kepala FK2MA Ma'arif NU Kabupaten Kudus itu H. Suhadi juga berpesan agar para guru menanamkan kesalehan kepada peserta didik. 

"Sangat penting untuk menanamkan kesalehan kepada generasi muda saat ini. Tidak hanya saleh individual tapi juga saleh secara sosial," katanya. 

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah, Dr. Hj. Salma Munawwaroh dalam kesempatan halal bi halal FK2MA Ma'arif NU Kabupaten Kudus menyampaikan terima kasih kepada segenap kepala madrasah di lingkungan Ma'arif NU karena selama ini dapat bersinergi dalam menciptakan kemajuan madrasah di Kudus. 


"Terimakasih bapak ibu telah menjadi bagian dari perjalanan tugas saya di Kabupaten Kudus ini," kata Salma. 

"Terimakasih telah banyak membantu mensukseskan program-program Penmad Kudus," lanjutnya. 

Kasi Penmad asal Demak yang dikenal cerdas dan akrab dengan para guru madrasah itu menyampaikan bahwa kemungkinan dalam waktu dekat dirinya beralih tugas di Kemenag Kabupaten Demak.

Oleh karena itu Salma minta maaf kepada semua stakeholder madrasah yang ada di Kudus. Terutama kepada para kepala madrasah yang sering berinteraksi dengannya.

Selain Kakankemenag Kudus dan Kasi Penmad, kegiatan halal bihalal FK2MA Ma'arif NU Kabupaten Kudus itu dihadiri oleh pengawas madrasah, H. Saudin, MA dan Hj. Chasnah, M.Pd.I.

Hadir pula ketua Ma'arif NU Kudus, KH. Ridwan, S.Pd.I, ketua FK2MA, KH M. Jazuli, S.Ag., MH, dan seluruh kepala Madrasah Aliyah yang tergabung dalam naungan Ma'arif NU Kabupaten Kudus. 

Nuhin

Posting Komentar

0 Komentar