Syiarkan Idul Adha 1445 H, MA NU Miftahul Falah Adakan Kurban

{[["☆","★"]]}

 

KUDUS, manu-miffa.sch.id- Idul Adha sangat identik dengan pelaksanaan kegiatan kurban. Selain anjuran dari agama, kurban juga dapat mengajarkan kita untuk berbagi kepada sesama.

Atas dasar itulah MA NU Miftahul Falah mengadakan kegiatan kurban yang telah terlaksana pada Rabu (19/06/2024) atau pada tanggal 12 Dzulhijjah 1445 H. 

Program kurban yang dilaksanakan oleh OSIS MA NU Miftahul Falah ini sebagai wadah untuk keluarga besar MA NU Miftahul Falah, baik guru, karyawan, wali murid, maupun siswa dan siswi dalam melaksanakan ibadah kurban. 

Selain itu, juga untuk mengedukasi siswa-siswi yang tergabung organisasi OSIS dalam melaksanakan prosesi berkurban. 

Mulai dari tata cara penyembelihan hewan kurban sampai dengan cara pembagiannya, serta dapat berbagi dengan masyarakat sekitar. 

Hal ini selaras dengan harapan yang disampaikan oleh ketua panitia Kurban, yakni Moh Akhfas.

"Harapan dengan dilaksanakannya  kegiatan ini, khususnya untuk temen-temen OSIS agar bisa tahu bagaimana praktik qurban yang sesungguhnya secara syari'at yang benar," ujar beliau. 

Progam Kurban di MA NU Miftahul Falah sudah dilaksanakan tiga kali ini, atau sudah berjalan selama tiga tahun. 

Adapun sasarannya yakni seluruh keluarga besar MA NU Miftahul Falah mulai dari Bapak Ibu guru serta seluruh pengurus OSIS MA NU Miftahul Falah dan nantinya dibagikan kepada masyarakat sekitar madrasah. 

Moh Ali Nuhin, selaku salah satu mudhohi menjelaskan alasan beliau memilih berkurban di MA NU Miftahul Falah antara lain yaitu untuk mensyiarkan kurban dan kegiatan keagamaan di MA NU Miftahul Falah. 

Terlebih mensyiarkan kepada siswa-siswi utamanya tentang nilai-nilai kurban yang menjadi ajaran di agama Islam ini. 

Salah satu pengurus OSIS, Dimas Eka Saputra mengutarakan pengalaman yang didapatkan dari kegiatan ini.

"Pengalaman yang saya dapatkan yaitu, saya jadi lebih tau tata cara pelaksanaan qurban yang sesuai dengan syari'at islam dan ilmu fiqh, apalagi tadi yang mencontohkan itu langsung dari para guru yang ahli dalam bidang tersebut, jadi lebih jelas prakteknya," ungkapnya.



Reporter: Farizka Ma'unnikmah XIA

Posting Komentar

0 Komentar